27 May, 2013

Belajar Gue, Gue Belajar

Judulnya gak banget deh. Ah, sudahlah, apasih arti sebuah judul dibanding dengan isinya. Hehe, okedeh, cukup basa-basinya. Menjelang UKK (kalo saya sih lagi UKK) pasti belajarnya lebih rajin ketimbang biasanya deh. Kalau biasanya nengok buku kalo cuma ada PR, beda lagi kalau mau pertarungan hidup-mati di UKK. Dulu saya gitu kok, dan akibatnya sudah terbukti! Keblingeeeer... Tapi itu dulu...

SKS (sistem kebut semalam) atau dengan kata lain belajar instan itu nggak ada yang salah sih. Ya bener bikin cepet ingat, tapi dampaknya ilmu yang diserap nggak bakal awet, soalnya gak ada momen khusus buat ngingat materi. Tapi itu  lawas mamen, hanya sebuah trobosan yang sudah menghantarkan saya menduduki ranking 2, dari bawah. 

SMA adalah perubahan, nasdem! Nah sekarang, udah beda lagi, gak jamannya belajar muluk-muluk, gak jaman juga belajar karena terpaksa. Belajar itu dengan senang hati, biar barokah ilmunya. Gak perlu sehari belajar sampai berjam-jam, yang penting rutin. Gak perlu harus sepi-sepian sampe methenteng, santai yang penting serius. Pahamilah walau tidak keseluruhan, yang penting sudah mencoba. Gak bisa wajar dong, kalo sekali belajar langsung bisa, apa gunanya guru. "Ketidakbisaan jangan dijadikan alasan untuk malas belajar", kata Ibu saya gitu.

Saya sendiri belajarnya nggak disiplin sih, nggak ada waktu-waktu khusus yang saya jadwalkan untuk belajar, karena hidup sendiri adalah tentang belajar. Haha, apasih! Pokoknya, sebanyak apapun tugas atau ulangan, saya nggak akan belajar sampai diatas waktu maghrib. Tiap hari saya pulang sekolah jam 3. Saya nggak mengambil les, karena eman tenaga. Dari pulang sekolah sampai maghrib itu sesi santai. Tiduran, baca buku ringan, surfing internet, ngobrol sama keluarga, monopolian sama adek dan sejenisnya. Baru setelah maghrib/isya' (bahkan kadang karena tiduran jadi bablas sampai jam 11 malem) mulailah belajarnya. Nggak lama, cuman satu jam, kecuali kalau udah asyik ngerjain tugas (nggak terlalu asyik sih sebenernya). Kalo bisa njawab ya dikerjakan, kalo nggak bisa yang tugasnya guru untuk menjelaskan.

Lagi, jangan selalu nurutin kata guru untuk rajin-rajin ngerjain tugas yang bejibun. Belajar itu yang utama, kalo tugas itu sampingan. Hampir 80% murid merasa stres karena dikasih tugas. Kalo stres kan ngefek sama kinerja otak. Kalo kinerja otak menurun, ya tau sendirilah efeknya....

Pesan saya, belajar itu nggak perlu lama, nggak perlu terlalu serius, yang penting pemahamannya dapet. Kembangin sendiri kreativitas belajar masing-masing. Karena masing-masing individu punya cara berbeda, dan.. karena kita begitu berharga.. garn*er~

0 komentar:

Post a Comment